Indonesian System Dynamics Society

8 Mei 2006

Ada apa dengan RPJM?

Filed under: system dynamics — irf4n @ 5:35 am

Subject: [sysdyn] RPJM 2004-2009 From: "DINA ASNAWI" Date: Tue, May 17, 2005 10:47 am To: sysdyn@yahoogroups.com Cc: dinafireza@yahoo.com

Dear rekans,

Saya ingin sedikit beropini perihal buku Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2004-2009, suatu "buku resep" kabinet SBY-Kalla untuk 5 tahun kedepan.

Saya pelajari program per program yang tersaji dalam buku itu. Kesimpulan sementara yang saya peroleh, bahwa belum terdapatnya inter-relasi antar program tersebut, sehingga nuansa 'ego' sektoral masih terasa. Jadi, secara hipotetik, belum adanya pemikiran dalam perspektif kesisteman atas upaya penemuan solusi dari persoalan bangsa.Namun demikian, buku ini perlu juga diapresiasi atas semangat pelibatan masyarakat secara luas dalam proses pembangunan.

Belum terdapatnya inter-relasi dalam program-program yang disampaikan tersebut, apalagi ditambah dengan sulitnya menjalin koordinasi, dikhawatirkan terjadi 'redundancy' aksi-aksi Pemerintah dalam rumusan kebijakan publiknya.

Bila kita kembali merujuk pendapat Mochtar Lubis dalam bukunya yang sangat terkenal berjudul "The Indonesian Dilemma", disebutkan bahwa salah satu watak bangsa Indonesia adalah memiliki ingatan yang pendek dan kurang menyukai berpikir lateral. Mudah-mudahan dengan adanya perbaikan gizi dan mutu pendidikan, generasi yang berwatak seperti ini udah mulai berkurang..

Dr. Edward Bono menyebutkan, lateral thinking is concerned with 'possibilities' or what 'might be' as against the normal logic which is concerned with 'truth' and 'what is'. Jadi, semacam thinking for creativity.

Formulasi kebijakan publik yang menggunakan berpikir sistem sebagai paradigma, bukan sebagai 'tools', agar rumusan kebijakan publik yang dihasilkan tepat, salah satu prakondisinya adalah kemampuan 'lateral thinking'.

System thinking dalam prosesnya merupakan kombinasi antara persepsi dan logika yang sudah menjadi hukum alam senantiasa mengandung 'feedback' dan secara kreatif berpikir adanya 'possibilities' atas suatu hubungan sebab-akibat.

Terlepas dari persoalan pikir-memikir, proses formulasi kebijakan publik di Indonesia pun masih menyimpan persoalan tersendiri..

Mungkin salah satu sebabnya adalah manajemen publik kita pun masih perlu tindakan pembenahan..

Salam,
Dina Nurul Fitria
Sedang 'learning' untuk mampu berpikir lateral.

Subject: Re: [sysdyn] RPJM 2004-2009 From: drhk@indo.net.id Date: Tue, May 17, 2005 3:55 pm To: sysdyn@yahoogroups.com

Dear rekans juga,

Rasanya senang sekali membaca pakar pakar kesisteman pada berceritera tentang dunia sistem dan seluk beluk praktik sistem di Negeri Kita yang tidak mengenal sistem ini. Senang karena saya merasa kembali ke alam dulu, itu dulu ketika belajar Sistem Science di Michigan State University 12 tahun yang lalu. Ya waktu itu pulang dengan bangga mengantungi ijasah S3 dalam Agricultural Technology and System Management. Eh pulang di negeri sendiri kok rasanya menjadi orang asing yang seperti tukang obat. TETUKO. Sing teko ora Tuku, Sing Tuku ora Teko- teko.

Sekarang buaaaaanyak sekali min temin yang bicara kesisteman. Aku jadi pengin juga omong. Bicara bagaimana dulu berdiskus masalah CHAOS DALAM PERSEPSI MODELING, DAN STABILITY DALAM PEMAHAMAN SUATU MODEL SISTEM. uASYIIIIK TENAN. Tapi, ternyata perjalanan ternyata tidak dekat. masih jauh. Contoh, Ibu ini bicara tentang RPJM pemerintah SBY yang bagus tapi kok gak ada kaitan satu program dengan program yang lain dilihat dari sisi Kesisteman. Ya memang iya, karena kita atau ibu melihat dari kaca mata sistem, sistem sistem, input, output, komponen, linkages, desirable undesirable output, sistem parameter, design parameter etc. Betul bu, gak salah. Maaf ya. Kita memang belajar sistem. Kita hidup di suatu masyarakat ( umumnya), yang tidak mengenal sistem, dan kesisteman. Mengenal yang lain, tapi bisa kita terjemahkan lagi, atau kita urai lagi dalam pemahaman sistem. Komentar saya itu saja.

Go ahead with SYSTEM. WE ARE PART OF THE SYSTEM.

HANDAKA

Subject: RE: [sysdyn] buku RJPM From: "DINA ASNAWI" Date: Thu, May 19, 2005 1:41 pm To: sysdyn@yahoogroups.com

Ass.Wr.Wb,
Terimakasih atas respon dari Bp Dr Handaka atas opini saya.

Saya menelaah RJPM Kabinet SBY-Kalla, adalah inisiatif sendiri, tidak terkait dengan pekerjaan riset yang sedang saya lakukan.

Buku RJPM kebetulan saya dapatkan dari ayah saya, pada saat beliau tergabung bersama Tim Penanggulangan Bencana Aceh, mendapatkan buku tersebut dari seorang stafnya Bapak Wapres Jusuf Kalla. Saya yakin, di toko buku telah tersedia.

Untuk Pak Tomy, kebetulan sekali saya dan tim sedang mengerjakan riset yang terkait dengan sektor pertanian tentang aspek institusinya dalam kerangka Sistem Inovasi Pertanian.

Pada tahun pertama (2004), kami menggunakan konsep NETWORK THEORY untuk menelusuri aktor yang memiliki fungsi dan peran dalam sistem inovasi pertanian. Pada tahun kedua (2005), kami menggunakan metodologi SYSTEM DYNAMICS untuk mendapatkan struktur persoalan insentif berkenaan dengan inovasi teknologi dan diseminasi penelitian.

Pak Tomy dan teman-teman milis yang punya interest yang sama dengan riset ini, mungkin kita bisa share informasi dan pengalaman tentang seluk-beluk sistem pertanian ya…Sebagaimana tujuan dari milis ini ya Pak Teten untuk saling berbagi informasi kan..:)

Seandainya dalam RJPM 2004-2009 menjadikan peningkatan produktivitas "sistem pertanian", bukan "sektor pertanian" lho.. Saya optimis persoalan bangsa terutama terkait dengan kemiskinan dan pengangguran, secara bertahap dapat diatasi.

==dina==

Subject: RE: [sysdyn] buku RJPM From: tomyp@cbn.net.id Date: Thu, May 19, 2005 4:49 pm To: sysdyn@yahoogroups.com

Ass.Wr.Wb. Terima kasih atas respon dari Ibu Dina, Kita dapat berbagi pengetahuan tentang riset di sektor pertanian. Saya memiliki bahan-bahan ttg agro-innovation system, apabila Ibu memerlukan insya allah saya akan kirim lwt mailing list sysdyn ini. Saya kira dalam mengembangkan sistem inovasi pertanian, kita perlu membangun Pusat pembelajaran Inovasi Agribisnis (agro-innovation learning center) sebagai wahana untuk membangun agroteknopreneur yang akan mengubah wajah pertanian Indonesia. Saat ini saya jg sdg belajar menggunakan metodologi system dynamics dalam penelitian disertasi ttg rancangbangun manajemen rantai pasokan (supply chain management) agroindustri hilir teh, salah satu pembimbingnya Pak Tasrif, apabila teman-teman di mailing list ini ada yang mempunyai minat yang sama, kita bisa berbagi informasi dan pengetahuan mengenai hal tsb. Saya sependapat dengan ibu Dina, apabila para pengambil kebijakan (pemerintah) dan para pelaku agribisnis berpikir sistem (termasuk akademisi dan penelitinya) maka perekonomian Indonesia akan bangkit.

Wassalam, Tomy

Subject: RE: [sysdyn] RPJM 2004-2009 From: "Akhmad Hidayatno" Date: Fri, May 20, 2005 9:23 am To: sysdyn@yahoogroups.com

Bapak,
Di website bappenas sudah lengkap terdapat RPJMN termasuk versi-versi lamanya

silahkan ke
http://www.bappenas.go.id/index.php?module=ContentExpress&func=viewcat&ceid=-2&catid=6&bid=32&cid=15

atau untuk PP 7/2005 tentang RPJMN yang telah disahkan oleh Presiden

http://www.bappenas.go.id/index.php?module=ContentExpress&func=display&ceid=2050

4 Komentar »

  1. Memang kalau mau lihat RPJM dgn sistem dinamik akan terlihat ego sektor, dan permasalahan di negara kita adalah koordinasi. Saya kira sdh sangat perlu untuk duduk lagi bersama mendiskusiin atau membedah rpjm agar lebih ciuhi gito lho.
    hal ini akan terasa kalau udah masuk ke pelaksanaannya RKP dll. Waduh berapa uang kita bisa disaving ya. Jadi PNS tak perlu ngributin lagi bonus Dekpeu ituu.

    Komentar oleh rusdi — 18 Juli 2007 @ 9:02 am

  2. Menurut anda mengapa belajar sistem pertanian ?

    Komentar oleh Constantina Belo — 20 November 2007 @ 1:50 am

  3. Mengapa sistem pertanian itu perlu di pelajari ?

    Komentar oleh Constantina Belo — 20 November 2007 @ 1:52 am

  4. Terrific article! That is the type of information that are
    supposed to be shared across the web. Disgrace on the seek
    engines for not positioning this publish higher! Come on over and discuss with my
    web site . Thanks =)

    Komentar oleh Verlene — 29 April 2014 @ 3:19 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: